50.funny.facts

Adegan-adegan
yang biasanya ada dalam film-film

Indonesia
tahun 1970-an dan 1980-an:

1. Makan bersama keluarga. Entah maksudnya

apa, pamer apa yang dimasak sama pembantu

rumah tangganya, atau pamer peralatan dapur.

Dan biasanya minumannya selalu jus jeruk.

2. Cinta yang tidak disetujui orang tua. Entah

sudah berapa judul film Rano Karno yang temanya

beginian.

3. Ayah yang selalu berbaju safari. Biasanya

warnanya coklat muda, dengan 2 bolpen di

kantongnya, membawa koper, dan biasanya ke

kantor.

4. Polisi yang selalu datang terlambat. Seperti

biasa, polisi selalu terlambat untuk menangangi

masalah dalam film Indonesia,
dengan kalimat

yang kaku dan khas: “Ini memang buronan yang

sedang kami cari, Pak!”

5. Adegan pub/bar/nightclub. Scene ini biasanya

lampu remang-remang warna kemerahan, diiringi

musik-musik kaya’ ABBA, Beegees, Kool and The

Gang. Lalu minuman diberi obat perangsang.

6. Masuk Rumah Sakit. Biasanya karena penyakit

yang baru disadari sudah stadium 2 atau 3, karena

mengidap kanker, leukimia, atau jantungnya

kambuh. Sangat jarang penyakitnya bengek,

korengan, atau diare.

Dokternya Biasanya berkumis, badan agak

gemuk, kacamata baca model Malcolm X,

stetoskop menggantung di leher, dan biasanya

ngomong : “Bapak dan Ibu tidak usah khawatir,

kami akan berusaha semampu kami.”

7. Adegan lari-larian di taman atau di pinggir laut

sambil ketawa-ketawa kecil “hahaha…hahaha…”

trus yang cewek menjatuhkan diri. Maksudnya

romantis, tapi kok malah jadi lucu. Trus saat

adegan ciuman, diganti (disensor) dengan deburan

ombak atau bunga mawar.

8. Mau diperkosa trus nggak jadi karena

jagoannya datang. Entah dari mana, tiba-tiba

berantem aja sama yang mau memperkosa.

9. Tokoh kyai/orang sakti/pemuda yang alim.

Biasanya untuk ngusir setan kaya kuntilanak,

arwah penasaran dan lain-lain. Banyak ditemui di

film-film horor Indonesia
dan biasanya selalu

menang.

10. Di setiap ending film pasti disertai dengan

tulisan: SEKIAN, TAMMAT, SELESAI, dan lain-

lain dengan warna-warna yang cerah.

11. Kalau cowok pergi ngapel ke rumah camer

biasanya bawa oleh-oleh kue tart yang norak-norak

(zaman segitu belum ada black forest, sih!)

12. Kalau kuliah naik motor and berambut

gondrong.

13. Cewek kalau dijemput cowoknya pakai mobil,

pintunya dibukain.

14. Adegan buang puntung rokok, terus dimatiin

pake kaki. Mungkin biar sepatu boot/kulitnya

keliatan.

15. Kalau perpisahan bikin acara disko sendiri di

rumah.

16. Terjadinya ML gak sengaja, gara-gara

kehujanan atau pada saat hujan.

17. Kalau mau ketemu cewek, si cowok sisiran

dulu. Rambut gondrong, diminyakin dan sisirnya

ditaruh di saku belakang. Sisirnya nongol sedikit!

18. Nama peran utamanya kalau cowok selalu

JOHAN, HENDRA, ANTON.

19. Kalau naik motor nggak pake helm.

20. Cewenya kalau habis dimarahin sama

bokapnya, biasanya langsung lari ke kamar terus

nangis tersedu-sedu di ranjang (biasanya film-film

Oma Irama).

21. Suka ada iklan tersembunyi, biasanya rokok.

22. Kalau pemeran utama cowoknya ceritanya

udah jadi tua, tinggal ditambahin kumis doang.

23. Kalau film silat, gadis desanya senang nyuci di

kali pakai kemben, bawa bakul, kainnya cuma 2

biji. Pas lagi nyuci, datang penjahat dan langsung

tuh penjahat pengen perkaos. (perkosa –red).

24. Kalau film perang, kapten Belanda biasanya

orang Indonesia
pake wig pirang, serdadunya

senang jalan-jalan keliling kampung, pas liat

cewek lagi nyuci di kali, pengen perkaos juga.

25. Biasanya kisah sedihnya beruntun. Misalnya:

anak sakit, nggak punya uang, mau beli obat,

hujan deras, eh si emak ketabrak mobil lagi…

(kalo di sinetron “Janjiku” si emak – Paramita

Rusadi – udah ketabrak mo

diperkosa ama yg nabrak lagi!!)

26. Cewek diperkosa di dalem kamar di atas

tempat tidur. Cewe yang diperkosa

bilang: “tidak…jangan…tidak…” Terus yang

merkosa bilang:

“teriaklah sekuat-kuatnya, tidak akan ada yang

mendengarkanmu…”

27. Anak SMA pake seragam yang lengennya

dilinting, nggak cewe ngga cowo, celananya

baggy, atau yang pipanya nyempit di bawah.

28. Rambut cewek belahannya di samping.

29. Vokal untuk theme song suaranya lirih dan

mendesah desah.

30. Kalau ada yang mau mati, pasti ninggalin

pesen duluan, baru mati.

31. Suara cewe kalo lagi marah pasti jadi gembret.

(btw, gembret apaan sih? –red)

32. Zainal Abidin kebanyakan jadi tokoh Bapak.

33. Kalau di film anak-anak, biasanya ibu atau

bapaknya meninggal. Si anak tinggal sama ibu tiri

atau bibinya, dijadiin pembokat, dimarahin. Si

anak kabur ke kota,
jadi gelandangan. Biasanya

dipungut orang kaya, trus Jadi penyanyi cilik

terkenal. Biar rada dramatis sering tuh anak

ditabrak mobil.

34. Kalau ceweknya mau diculik, biasanya

jalannya di tempat sepi yang nggak ada

orang/mobil lewat.

35. Kalau film eksyen, adegan berantem di jalan

ramai dilanjutkan dengan kejar-kejaran. Dari kota

tiba-tiba pindah ke tengah sawah!

36. Kalau adegan daerah pelacuran, biasanya di

pinggir sungai, ada becak sama warung jualan bir.

Terus ada adegan WTS godain orang lewat.

Kadang-kadang ada bencongnya juga.

37. Adegan batuk-batuk. Habis itu keluar

darah…dilap tissu….dijamin abis itu pasti mati.

38. Dono Warkop selalu kebagian cewek-cewek

seksi.

39. Cerita SMA biasanya sering ada murid baru,

biasanya cewek. Sering ada adegan cowok

godain cewek pake lemparan gulungan kertas atau

kapur. Surat
cintanya biasanya nyasar ke temen

cewek yang gendut atau ibu guru.

40. Kalau jajan di kantin biasanya makan bakso,

duduk di bangku panjang kayak di warteg.

41. Kalau lulus-lulusan biasanya kemping ke

gunung, di bis nyanyi-nyanyi kayak anak TK.

42. Kalau bikin geng biasanya ada yang gendut,

bencong, atau kurus.

43. Jagoan SMA biasanya ketua OSIS, kalau

sekolah bawa tas kecil yang ditaruh di bahu,

bukunya kadang cuma satu biji, lusuh lagi.

44. Hantu-hantu di film horor:

– Biasanya yang jadi korban duluan adalah orang

yang lagi ronda.

– Kuntilanaknya sering jajan sate.

– Dedemitnya mula-mula cakep, pas ML berubah

jadi buaya atau ular.

– Hantu cewek biasanya korban perkosaan yang

balas dendam.

45. Kalo pake mobil, pasti mobil keluaran terbaru

tahun itu. (ini masih ada sampe sinetron2

sekarang)

46. Yang miskin, miskiiiiinnn banget. Yang kaya,

kayaaaaaaaaaaa banget.. (ini juga masih ada di

sinetron sekarang)

47. Yang jahat, jahaaaaaaatttt banget. Yang baik,

baiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkk banget.. (ini juga masih..)

48. Serdadu Belanda kalo ngomong pasti

pake “En kowe…” dengan lidah yang dicadel2kan..

49. Rano Karno pasti jadi orang baik..

50. Letusan pistol bunyinya bukan “DOR”

tapi “PLETAR” atau “CETER” kayak pistol

doblis… huhuhu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s