pelecehan dan kesetaraan gender

saya tau, kalo bicara tentang pengalaman pribadi tentang sebuah bentuk pelecehan yang dialami diri sendiri itu berat mai pren..
amat sangat berat..
ihiks..

….

….

….

tapi baiklah, saya akan membagi sebuah pengalaman traumatis saya. semoga kalian bisa mengambil hikmahnya, dan bisa menghindari kejadian serupa…

kejadiannya sih udah agak lama, sekitar bulan mei kalo ga salah.
sepulang dari kantor, saya dan dua temen sekos saya; mas firman dan adi, memutuskan untuk makan bubur ayam langganan kami di komplek harkit. singkat cerita, setelah selesai makan & bayar, saya berdiri di depan gerobak nungguin adhi bayar porsinya dia, sementara mas firman udah lenyap entah kemana.

nah, pas berdiri dengan antengnya, tiba-tiba ada pengamen bencong, kita sebut saja bencong satu, dengan dandanan super menor, lewat di depan saya. sementara partnernya, kita sebut saja bencong dua, berdiri kalem agak jauh di belakang sambil bawa sebuah kotak kayu dengan speaker bulet dan dari situ keluar nada yang saya duga keras adalah dangdut.

nah di depan saya, sang bencong satu, of course, dengan dandanan minim, trus alat musik dari tutup botol yg berbunyi “icik-icik” di tangan kanan dan duit ribuan di tangan kiri, sambil nyanyi najong takijong kijong (kalo aming bikin elo ketawa, yang ini bikin elo meregang nyawa) dan pastinya masih dapet bonus berupa bau parfum menyengat yang lebih condong ke aroma minyak sinyongnyong.

now, here is the thing. kalo ada orang ngamen dan kamu ga mau ngasih atau ga ada receh. at least you can try to be nice. mungkin dengan isyarat tangan, sambil senyum dan bilang kalo kita ga ada receh.. and that’s what i did.

but obviously, bencong satu ga terima kata “nggak ada receh”

dan dengan secepat kilat, dia mindahin alat musiknya ke tangan kiri dan berusaha nowel saya di…

sekarang coba bayangin saya di wawancara sama oprah ya…
*menutup muka dan geleng2 kepala traumatis

“di mana yan? di situ ya?” tanya oprah sambil nunjuk ke pangkal paha saya
dan saya mengangguk pelan…

“and then what?” tanya oprah lebih lanjut.

“in a split second i wiggle my ass backward ma’am..” alias saya goyang pantat saya ke belakang, mencoba menghindar.

“okay, but did you manage to actually avoid his hand from grabbing your.. ?” oprah ngejar terus sambil tetep nunjuk2 selangkangan saya..

“…”

beep..

oke.. selesai sama tante oprah, balik lagi.
jadi, tangannya emang berusaha grepe-grepe saya, tapi untungnya cuma nyrempet celana saya doang.

dan kesetaraan gender my ass..

ga pikir panjang langsung aja sang bencong satu dapet ganti receh dari saya. ga pake banyak cing cong, saya kasih si bencong satu sebuah tendangan… sayangnya berhubung saya udah ga pernah latihan, jadi yang tadinya ngincer muka, cuma kena lengannya.

setelah dapet tendang, sang bencong satu tampaknya shock. dia berdiri dan ngepalin tangan, saya pikir bakal dikeroyok bencong nih saya. tapi ternyata bencong satu cuma ngibasin rambut, trus jalan lagi sambil ngomel-ngomel ga jelas. sang bencong dua juga cuek aja, ga terpengaruh sama insiden barusan.

anehnya kelar kejadian ini, beberapa minggu kemudian, gerobak bubur ayam langganan kami lenyap, si tukang bubur udah ga dagang situ lagi. dan adhi saking traumatisnya, sampe langsung kerja ke papua. saya berdoa aja dia ga ketemu bencong lokal di sana…

jadi mai dear prens, namanya pelecehan ya tetep aja pelecehan.. ya toh. so, in case elo ditowal towel sama bencong, ilangin aja paham kesetaraan gender. gampar aja.

btw, back then, i should’ve kick his sorry ass😀

pic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s