Review: Batman: HUSH

kl hype-nya udah ilang, mohon dimaklumi. dari dulu mau ditulis, tertunda terus :”>

tapi percaya deh. komik batman yang satu ini emang super keren! ditulis oleh jeph loeb (yang jadi produser smallville) dan digambar oleh jim lee.

cerita di komik ini bergerak cepat. batman bertemu dengan musuh2 lama seperti joker, the riddler, killer croc & poison ivy. batman direpotkan oleh musuh2 lama yang bergerak dengan metode baru.

pertanyaannya adalah, apakah mereka telah menemukan kelemahan sang cape crusader? atau ada orang dibalik layar yang menggerakkan musuh2 lama ini seperti pion2 catur?

selain musuh2 lama, kolega2 lama juga bermunculan. mulai dari mantan robin, dick grayson yang sekarang jadi nightwing. sampai ke the oracle, barbara gordon. ga ketinggalan juga tim drake sebagai robin.

alurnya bergerak maju mundur. ada beberapa adegan di mana bruce wayne mengingat beberapa kejadian di masa lalu, dan adegan2 ini digambarkan dengan baik oleh lee, dan scott williams juga melalukan perwarnaan yang bagus dengan warna2 two tone-nya.

OH!!! tentunya lo juga ga akan melewatkan halaman2 yang berisi cape crusader vs the man of steel! ya… pertarungan antara batman vs superman!

cerita yang ditulis oleh loeb, penuh dengan banyak karakter, kadang terasa kedodoran di beberapa halaman. gambar jim lee emang keren banget, kalo boleh dibilang.. gambarnya megah! tapi kadang2 lo jadi bertanya2, apa semua karakter cowoknya emang berotot dan yang cewe seksi semua?

all in all. gw rekomendasikan untuk bacaan hiburan. dialog2nya menggigit. gambarnya juga bagus. cuma tolong diinget, kalo lo ngefans banget sama batman year one-nya frank miller dan beranggapan bahwa batman tulisan miller adalah batman sebener2nya batman… lo bisa jadi kecewa sama buku ini.

8 thoughts on “Review: Batman: HUSH”

  1. jeph loeb juga sempet nulis di lost season 2 dan skrg lagi di creative teamnya heroes, juga lagi dibawah kontrak ekslusif dari marvel, jadi ga nulis di DC lagi dalam waktu2 dekat.

  2. yeap. gw baca di wizard soal kontrak ekslusifnya. tapi gw lupa, dia mau garap serial apa ya? kl ga salah bakal diduetin sama artist mad joe gitu deh.

  3. hehehe sama, waktu nemu buku ini diterjemahin ke bahasa indonesia sempet berniat bikin reviewnya, tapi ketunda-tunda mulu… padahal capture cover depannya udah bikin :-)jim lee itu bahkan nggak sekolah art secara formal lho, backgroundnya psikologi, tapi gambarnya keren dan punya ciri khas yang kuat. pokoknya gue pasti bisa ngenalin deh kalo ngeliat gambarnya jim lee… ;-))

  4. yoeh.. kl ga salah sekarang lagi garap robin: the boy wonder, bareng frank miller.btw, yang gw bisa kenalin langsung adalah gambarnya jim lee sama alex ross😀

  5. hehehehe… bener.ibaratnya Miller tu Kurosawa dengan 7 Samurainya, terus diremake dengan lebih pop dan pindah setting sama Lee lewat Magnificent Seven. Bagus, tapi yang oiginal kan tetep paling maknyus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s