terstruktur rapi dan bersih

pada dasarnya sih, gw bukan orang yang bener2 rapi atau terorganisir. kalo dibikin daftar 100 orang paling nggak terorganisir seasia tenggara, gw mungkin masuk 10 besarnya. apalagi kalo berkaitan sama masalah kerjaan. meja gw yang selalu berantakan bisa jadi buktinya.

kl ditanya, emangnya lo ga bingung apa sama prioritas kerjaan lo? apa saja yang harus dikerjain hari ini? file2 mana aja yang harus lo kasih tanda tangan dan lo kirim? hal2 yang harus lodi kerjain besok?

tadinya sih saya mengandalkan ingatan gw doang. tapi setelah lama kelamaan. akhirnya gw keteteran.

mungkin gw udah sampe pada batas di mana daya ingat gw bener2 udah ga bisa dipaksa2 lagi inget segala macam detail. gw harus lebih rapi dan terorganisir.

untungnya kok ya dapet tetangga sebelah kubikel yang ilmu dan kebiasaannya bisa dicolong. dari awal dia datang, dia langsung ngerjain hal2 ini:

1. label – dia kasih label buat semua data yang dia punya. termasuk juga barang2 macam penggaris, cutter, spidol. semua dikasih label, biar gampang dilacak kl lagi butuh.
2. struktur – data2 diurutin/disortir lagi dari kalo perlu dari awal sampe akhir, sekali lagi biar nyarinya gampang.
3. rapi – paling nih ya, berantakan kalo pas lagi kebanjiran buku doang. abis itu, ya rapi lagi..
4. simpan – semua atk, dimasukin lagi ke laci sblm pulang. biar ga lenyap. (walau kadang tetep juga sih kecolongan.. tip-ex lenyap. tau2 aja udah nyasar di mana gitu.. :P)

nah. akhirnya beberapa kebiasaan itu gw tiru..

1. semua properti, gw kasih label. udah ga keitung berapa kali gw susah nyari penggaris dsbnya. selalu ga jelas ada di mana.
2. kontrak2 gw rapiin dan urutin lagi. dari tahun2 awal sampe kontrak yang paling baru.
3. buku-buku gw susun lagi, menurut status mereka.
4. laci2 gw kasih label juga, sesuai dengan apa yang ada di dalamnya.
5. surat2 gw sortir ulang, gw kasih folder sesuai dengan muatan mereka.

seharian kemarin gw kerjain itu semua..

dan hasilnya..

mayan deh.. selain meja gw rapi, kerja gw sekarang lumayan lancar. gampang nyari dan ngerjainnya. cuma ya gw ga tau sih bisa bertahan selama apa bisa rapi kaya gini sih… hahahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s