Review: Chronicles of Wormwood

Chronicles of Wormwood

Warning: Komik ini memang cenderung kontroversial, karena tidak hanya memparodikan konsep Tuhan, Manusia, Setan, Surga dan Neraka. Tapi juga muatan satir liberal di dalamnya yang menyindir tuntutan agama yang dipahami secara “salah” oleh manusia.

Ditulis oleh Garth Ennis dan illustrasi oleh Jacen Burrows, CoW bercerita tentang seorang antichrist bernama Danny Wormwood. Konsep antichrist juga dipelintir sedemikian rupa oleh Ennis, karena Danny justru bersahabat dengan Jay (Jesus) Sang Juru Selamat.

Walaupun digoda sang ayah (Satan) untuk memulai akhir dunia. Danny terus menerus menolak. Dia merasa tidak perlu untuk memulai kiamat dengan membunuh Jay, karena dia merasa bahwa manusia, berhak untuk menentukan jalan hidup mereka sendiri.

Yang menarik adalah, konsep yang dikemukakan Ennis, bahwa setiap orang bisa masuk Surga. Saat Danny dan Jay memutuskan untuk road trip. Imagine this, road trip dua tokoh utama ini adalah jalan-jalan ke surga dan neraka! Saat road trip, Jimmy, kelinci peliharaan banyak bertanya, bagaimana seseorang bisa dikategorikan sebagai penghuni surga atau neraka. Dan baik Jay atau Danny sepakat bahwa apapun agama yang lo anut, kuncinya cuma satu, DO NO HARM. Jangan pernah nyakitin orang lain.

Humor gelap yang dimuat di sini juga sering banget tepat sasaran. Seperti saat Danny memutuskan untuk memutuskan untuk menukar kodrat hidung dan penis seorang bartender, gara-gara dia menghina Jay. Figure it out, penis dangling in your face? Atau saat mereka mengunjungi seorang pelaku bom bunuh diri di surga. Yes, suicide bomber goes to heaven, dan dapat puluhan perawan sebagai hadiahnya. Hasilnya, sang suicide bomber ada di surga, tapi depresi karena harus ngurusin puluhan bayi sekaligus.

Illustrasi Burrows juga menarik untuk dicermati. Dia berhasil menerjemahkan teks Ennis ke dalam gambar yang benar-benar menghidupkan karakter-karakter dalam komik ini.

All in all, if you decide to read it. Don’t take it too seriously. Nikmatilah sebagaimana adanya buku ini. Komik parodi nan satir.

2 thoughts on “Review: Chronicles of Wormwood”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s