Review: Earth

dalam dokumenter ini. kita akan diajak jalan-jalan keliling dunia. mulai dari liat polar bear di kutub (funny, i can;t recall, which pole was it?). kemudian geser pemandangan aurora australis, lanjut ke hutan yang mengelilingi daerah kutub sampai pindah lagi ke hutan tropis, gurun pasir dan padang rumput afrika.

it’s all there baby. bagian favorit saya adalah burung di daerah papua yang udah berlelah2 joget buat memikat pasangannya, tapi ditinggal gitu aja. lalu juga anak-anak bebek mandarin yang melakukan terbang (terjun) pertama mereka dari pohon yang lumayan tinggi.

it was like some small duck ninja: cowabungaaaa!!!

pada dasarnya, semuanya tentang the circle of life. bagaimana satu kejadian di satu bagian dunia, bisa berpengaruh ke bagian dunia yang lain. ice melting yang terlalu cepat, bisa berpengaruh pada punahnya polar bear (at this rate, diramalkan bahwa polar bear akan punah di tahun 2030). dan tidak hanya polar bear saja yang terancam. plankton yang biasa jadi santapan paus hunchback pun juga bakalan makin tipis stoknya.

one thing leads to another.

dan dongeng bermuatan pesan ini diterjemahkan dalam gambar yang memang luar biasa bagus. gimana nggak? ini proyek dokumenter yang ambisius (paling nggak, secara teknis sih). lima tahun pembuatan, dengan 40 orang kameramen spesialis yang menghabis kan 4500 hari di lapangan, 200 lokasi di 26 negara. termasuk di dalamnya ada 250 hari untuk mengambil foto2 aerial. ajegile.

to name a few or my own reaction when i was watching this documentary was like:

wow..
woohoo!
yeah
aww…
whoa…
hey!

and less: shit!
which, regarding the issues in this movie, is not quite. good.

okelah, seperti yang saya bilang di atas. secara visual, dokumenter ini luar biasa. beneran.

maksud saya adalah, mungkin saya yang salah dalam mengartikan pesan yang saya pikir, hendak disampaikan dalam film dokumenter ini. pesan moral “global warming” yang disampaikan lewat narasi, memang bisa terlihat, terbaca, terdengar dengan halus. tapi rasanya, dalam kondisi “dire” saat ini, pesan halus kok rasanya kurang pas.

all in all, mungkin memang sengaja dibikin halus, karena target audience yang sepertinya pree teen. tapi tetap kok. apa yang kamu lihat di sini, pasti memesona. dijamin!

18 thoughts on “Review: Earth”

  1. Setujuh, nonton ampe 2x, dan belum bagus juga. bener2 nampilin landscape yang indah2 yang ada di bumi ini….kita akan disadarin, bahwa dunia yang kita milikin ini indah banget, dan maka dari itu kita harus bisa menjaga bumi ini….:)

  2. spinkage said: mulai dari liat polar bear di kutub (funny, i can;t recall, which pole was it?).

    north pole. yan. arctic. perasaan di kutub selatan gak ada beruang. endingnya bikin terharu ya.btw, ada serialnya sekitar 11 apa 12 episode yg memilah-milah lagi dr mountain sampe shallow sea sampe caves sampe desert, dll. gue jg belum nonton…😀

  3. dindaleo said: kita akan disadarin, bahwa dunia yang kita milikin ini indah banget, dan maka dari itu kita harus bisa menjaga bumi ini….:)

    saya setuju sekali jeng🙂

  4. iya. dari tadi gue tunjuk utara selatan mulu, bener2 lupa gue. thanks anz!btw, selain endingnya yg mengharukan, didja notice bahwa film ini tidak se-gore dokumenter lain dalam merekam adegan perburuan? no blood man. bener2 aman buat dikonsumsi anak2😀

  5. spinkage said: didja notice bahwa film ini tidak se-gore dokumenter lain dalam merekam adegan perburuan? no blood man. bener2 aman buat dikonsumsi anak2😀

    mungkin pas gajah afrika dicegat singa pas mau nyari shallow sea itu sebenernya gore. cuman karena malem aja gak keliatan. :Dparah ya, udah kayak perang romawi lawan kabilah – kabilah apa gitu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s