Review: District 9

dari liat film ini, neill blonkamp ga sia-sia jadi muridnya peter jackson. lewat arahannya, kata pengasingan (alienation) dibawa ke level yang baru.

bercerita tentang sebuah kapal induk alien yang mengambang di johannesburg, selama lebih dari 20 tahun. sementara para alien yang dijuluki prawn, direlokasi di sebuah daerah yang diberin nama district 9. wikus van der merwe, adalah seorang pegawai MNU yang bertugas mendata dan membujuk para prawn ini ke lokasi yang baru. menurut gue, film ini jadi semacam sebuah satir pada politik apartheid.

alur mulai berbelok ketika pada suatu pemberangusan, wikus tidak sengaja menyemprot dirinya sendiri dengan suatu cairan aneh, dan secara bertahap, badan wikus berubah menjadi prawn. mulai dari kuku & gigi yang lepas, sampai pada tangan yang berubah persis seperti tangan prawn.

kerumitan mulai terjadi ketika kondisi tangan wikus dicoba untuk menggunakan senjata-senjata dari para prawn. dan ketika tangan wikus ternyata mampu, maka dia jadi buronan para birokrat mnu, termasuk mertuanya sendiri.

bekerja sama dengan prawn yang bernama christopher dan anaknya. wikus berusaha untuk kembali ke raga manusiawinya. drama di jelang akhir film juga menjanjikan. fisik wkikus memang berubah, tapi apakah nuraninya juga demikian?

dengan visual semi dokumenter & interview, awal film memang cenderung berjalan lambat, dan agak membosankan. tapi aksi di pertengahan hingga ujung film, amat sangat layak disaksikan. action packed with awesome gunnery, wicked robot battle (transformers, eat your heart out), blood & body exploding everywhere.. it was totally awesome.

in a nutshell, worth watching.

4 thoughts on “Review: District 9”

  1. Gw nonton dan benar benar mual pada 30menit pertama. Gw sebut ‘ugly alien and actor, also ‘ugly’ stories about apartheid’.. Tapi selebihnya teman2x gw suka! Sayang,gw keburu keluar bioskop. Gak sanggup!

  2. ha! gue juga terganggu dan tergoda buat lelap di 30 menit pertama.. gue benci logat afrikaan.. ahahaha. bikin ga fokus karena pindah2 ke movie & subtitle.tp abis itu, dahsyat dah😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s